Text
[SKRIPSI] PENGARUH ACADEMIC SELF-CONCEPT TERHADAP ACADEMIC MOTIVATION SISWA KELAS XII SMA NEGERI 33 JAKARTA"
"ABSTRAK
Pendidikan pada dasarnya tidak luput dari permasalahan yang menghampiri, baik
mikro maupun makro. Di Indonesia sendiri, rendahnya kualitas pendidikan
ditunjukkan dari hasil Programme for International Student Assessment (PISA)
tahun 2018 yang mana Indonesia menduduki peringkat ke-74 dari 79 negara. Hal
tersebut dapat dikarenakan rendahnya prestasi akademik siswa yang dipengaruhi
oleh faktor internal dan eksternal yang dimiliki siswa. Faktor internal dapat berupa
academic self-concept yang pada akhirnya memengaruhi academic motivation
siswa sebagaimana penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa achievement
motivation dalam akademik berhubungan dan dipengaruhi oleh self-concept siswa.
Sementara itu, diketahui bahwa belakangan ini SMA Negeri 33 Jakarta sebagai
salah satu SMA Unggulan di Jakarta mengalami penurunan nilai UNBK yang besar
kemungkinan diakibatkan oleh rendahnya motivasi siswa. Sehingga penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh academic self-concept
terhadap academic motivation siswa kelas XII SMA Negeri 33 Jakarta. Konsep
teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Academic Self-Concept
(Reynolds et al., 1988) dan Academic Motivation (Ryan & Deci, 1985; 2017)
(Vallerand, 1992). Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif noneksperimental
dengan metode analisis regresi linear. Teknik pengambilan data
melalui kuesioner daring dengan metode simple random sampling. Jumlah
responden penelitian ini (n = 144) merupakan siswa kelas XII SMA Negeri 33
Jakarta. Data dianalisis menggunakan IBM SPSS Software For Mac version 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari
academic self-concept terhadap academic motivation sebesar 20,7% yang berarti
semakin tinggi academic self-concept siswa, maka semakin tinggi pula academic
motivation yang dimiliki.
Kata kunci: academic self-concept; academic motivation; sekolah menengah atas"
No copy data
No other version available