Text
[TESIS] PERAN MINDFULNESS TERHADAP STRES YANG DIMEDIASI OLEH SELF-EFFICACY PADA GURU DI KOTA BANDUNG Studi pada masa pandemi Covid-19"
"ABSTRAK
Sejak Covid-19 mulai menyebar di Indonesia, terjadi beberapa penyesuaian
pada sistem pembelajaran yang membuat adanya peningkatan beban kerja, yang
merupakan salah satu sumber stres pada guru. Mindfulness merupakan salah satu
strategi yang sesuai untuk mengatasi stres pada guru. Efikasi diri juga memiliki peran
dalam penanganan stres.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dinamika pengaruh dari mindfulness
terhadap stres guru melalui teacher efficacy pada guru di kota Bandung yang
melaksanakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19. Partisipan
penelitian pada penelitian ini adalah 285 guru di Kota Bandung yang mengajar saat
pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
korelasional. Proses pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik
convenience sampling.
Data pada penelitian ini didapat melalui adaptasi kuesioner Mindfulnes in
Teaching Scale (MTS), kuesioner Teacher Stress Inventory – Revised, dan
kuesioner Teacher Self Efficacy Scale – Short form. Kemudian data yang terkumpul
diolah dengan JASP Software dan dianalisis dengan teknik mediasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi guru terbukti memediasi
pengaruh mindfulness terhadap stres pada guru. Selain itu mindfulness juga dapat
mempengaruhi tingkat stres guru. Pengujian lanjutan pada dimensi mindfulness
menunjukkan bahwa dimensi intrapersonal dapat memengaruhi stres secara
langsung, sedangkan dimensi interpersonal akan memengaruhi stres guru dengan
adanya mediasi efikasi guru.
Kata kunci: mindfulness, efikasi guru, stres, guru"
No copy data
No other version available