Text
[SKRIPSI] GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN ELEKTRONIK E-WALLET X PADA MAHASISWA DI KOTA BANDUNG
"ABSTRAK
Survei terdahulu tahun 2019 menemukan bahwa E-wallet X merupakan e-wallet yang memiliki pengguna aktif terbanyak dan salah satu pengguna terbanyaknya adalah mahasiswa. Adapun sejak Maret tahun 2021, posisi E-wallet X sebagai e-wallet dengan pengguna aktif terbanyak tergeser oleh kompetitornya. Selain itu, dari data awal, penelitian ini memperoleh data terkait keluhan responden selama menggunakan E-wallet X. Oleh karena itu, meneliti kualitas pelayanan dan kualitas recovery menjadi penting terutama pada mahasiswa yang termasuk ke dalam Generasi Z (lahir pada tahun 1997-2002). Hal ini dikarenakan Generasi Z adalah segmen konsumen yang akan mendominasi populasi global nantinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai kualitas pelayanan elektronik E-wallet X pada konsumen mahasiswa di Kota Bandung. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan non eksperimental kuantitatif dengan tipe deskriptif. Responden penelitian ini (N=212) merupakan mahasiswa di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengukuran skala E-S-QUAL mayoritas responden menilai bahwa kualitas pelayanan E-wallet X baik. Artinya, kualitas pelayanan E-wallet X dipersepsikan telah memenuhi harapan responden. Di sisi lain, berdasarkan hasil pengukuran E-RecS-QUAL lebih banyak responden yang memberikan nilai cukup baik, buruk, dan buruk sekali dibandingkan memberikan nilai baik. Artinya, lebih banyak responden yang harapannya belum terpenuhi oleh pihak E-wallet X. Jika ditinjau dari dimensinya, fulfillment merupakan dimensi E-S-QUAL yang dinilai paling memenuhi harapan konsumen terkait kualitas pelayanan, sedangkan dimensi contact merupakan dimensi E-RecS-QUAL yang dinilai paling memenuhi harapan konsumen terkait kualitas recovery E-wallet X.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan Elektronik, E-S-QUAL, E-RecS-QUAL, E-Wallet, Mahasiswa, Generasi Z"
No copy data
No other version available