Text
[SKRIPSI] HUBUNGAN AKUMULASI STRES DENGAN COPING STRATEGY PADA SISWA KELAS XII SAAT AKAN MENGHADAPI UJIAN DI SMA NEGERI “X” KOTA BANDUNG
"ABSTRAK
Stres merupakan suatu kondisi atau situasi dimana situasi tersebut
menenkankan pada hubungan antara individu dan lingkungan dengan
memperhitungkan karakteristik serta sifat individu tersebut di suatu peristiwa
yang terjadi lingkungkan tersebut (Lazarus 1976; Rosita, 2016). Ujian sekolah
serta ujian nasional merupakan salah satu persyaratan untuk kelulusan ditingkat
SMA kelas XII. Ujian sekolah, ujian nasional, Seleksi Nasional Masuk
Perguruan Tinggi Negeri, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri
merupakan salah satu faktor penentu bertambahnya akumulasi stres pada siswa
kelas XII SMA Negeri “X” Kota Bandung. Para siswa diharapkan mengetahui
bagaimana cara menekan tingkat stres mereka saat akan menghadapi ujian.
Penelitian ini merupakan penelitan dengan metode pendekatan penelitian
kuantitatif non-eksperimental dengan studi korelasional. Teknik pengambilan
sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling, sehingga
didapatkan jumlah sampel responden sebanyak 118 responden yang merupakan
siswa kelas XII di SMA Negeri “X” Kota Bandung. Pada penelitian ini,
digunakan dua alat ukur yang berupa kuisioner. Alat ukur pertama merupakan alat
ukur derajat stres yang diturunkan dari teori Taylor (1991) yang telah diadaptasi
oleh Puspita (2019), serta alat ukur coping strategy yaitu COPE Inventory yang
disusun oleh Carver (1989) yang telah diadaptasi oleh Puspita (2019).
Penyebaran pelitian ini menggunakan kuisioner serta perhitungan data
menggunakan uji spearman.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa akumulasi stres memiliki
hubungan dengan coping strategy pada siswa kelas XII pada saat akan
menghadapi ujian di SMA Negeri “X” Kota Bandung. Hasil derajat stres berada
pada kategori rendah (2,22), serta hasil coping strategy yang digunakan adalah
emotion focused coping.
Kata kunci : Ujian, akumulasi stres, coping strategy "
No copy data
No other version available