Text
[SKRIPSI] PERAN SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP DIGITAL LITERACY Penelitian Kuantitatif Mengenai Peran Self-Regulated Learning Terhadap Digital Literacy pada Mahasiswa di Universitas Padjadjaran "
"ABSTRAK
Siswa Sekolah Menengah Kejuruan biasanya berada pada usia remaja tengah dimana salah satu tugas perkembangan yang harus dicapainya adalah identitas vokasional. Identitas vokasional (Marcia) adalah gambaran penghayatan yang stabil dan jelas dari seseorang mengenai kemampuan dan keyakinannya berhubungan dengan suatu bidang karir yang diinginkan, juga meliputi proses-proses pendidikan yang terjadi sebelum memilih pekerjaan. Identitas vokasional digambarkan melalui dimensi eksplorasi dan komitmen. Namun ditemukan bahwa masih terdapat siswa SMK yang belum melakukan eksplorasi maupun komitmen. Marcia menyebutkan salah satu antesendan yang memengaruhi identitas vokasional adalah pola asuh orangtua. Pola asuh orangtua (Baumrind) adalah gambaran variasi dari upaya orangtua untuk mengendalikan dan menyosialisasikan anak-anak mereka, yang terdiri dari pola asuh authoritative, authoritarian, permissive, dan neglectful. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara pola asuh orangtua dengan eksplorasi dan komitmen identitas vokasional siswa SMK Pasundan Jatinangor.
Penelitian ini menggunakan metode korelasional kuantitatif. Sampel penelitiannya siswa kelas XII SMK Pasundan Jatinangor yang terdiri dari 5 jurusan (N=198) dengan teknik sampling stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner pola asuh orangtua yang diadaptasi dari alat ukur Kushardiana (2003) dan identitas vokasional diukur menggunakan alat ukur yang di adaptasi dari alat ukur identitas vokasional Fitria (2018). Pengambilan data melalui pengisian kuesioner online. Olah data dilakukan dengan menggunakan uji korelasional pearson.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi positif antara pola asuh authoritative dengan eksplorasi (p-value=0.005) dan komitmen (p-value=0.000) identitas vokasional. Kemudian, tidak terdapat hubungan antara pola asuh authoritarian, permissive dan neglectful dengan eksplorasi dan komitmen identitas vokasional siswa SMK Pasundan Jatinangor. Artinya pola asuh yang authoritative memberikan sumbangan terhadap pembentukan identitas vokasional yang dimiliki siswa SMK Pasundan Jatinangor.
Kata kunci: SMK, pola asuh orangtua, eksplorasi, komitmen
"
No copy data
No other version available