Text
[SKRIPSI] STUDI KORELASI MENGENAI MOTIVASI PENGGUNAAN TINDER DAN SELF-PRESENTATION DI AKUN TINDER MAHASISWA UNIVERSITAS PADJADJARAN"
"ABSTRAK
Tinder muncul sebagai bentuk perkembangan teknologi yang memunculkan ruang
baru untuk individu dapat membangun hubungan intim. Dengan Tinder seseorang dapat
menilai, memilih, dan berkenalan dengan pengguna Tinder lain. Namun, dengan
karakteristik Tinder, sebagai sebuah aplikasi di dunia maya, pengguna Tinder dapat dengan
mudah mengatur bagaimana pengguna lain membangun impresi atas dirinya tanpa harus
menyesuaikan dengan kenyataan sebenarnya. Sehingga terdapat kemungkinan adanya
variasi ke-jujuran self-presentation di Tinder itu sendiri. Penelitian sebelumnya berusaha
mengeksplorasi variasi dari self-presentation di Tinder dan aplikasi serupa, serta
bagaimana motivasi penggunaan aplikasi tersebut dapat mempengaruhi self-presentation
yang muncul. Namun, dalam latar pengguna di Indonesia belum dilakukan banyak
penelitian dalam topik serupa. Sehingga masih ada ruang eksplorasi mengenai penggunaan
Tinder di Indonesia, terlebih dari segi motivasi dan self-presentation. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi Mahasiswa Unpad menggunakan Tinder
serta bagaimana mereka mempresentasikan diri di Aplikasi tersebut. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian Non-eksperimental dengan pendekatan Kuantitatif.
Subjek pada penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Universitas Padjadjaran angkatan 2017-
2020 yang pernah/sedang menggunakan Tinder. Metode sampling pada penelitian ini
menggunakan convenience sampling dan dari metode tersebut didapatkan 73 responden.
Kuesioner pada penelitian ini disusun melalui google form dan disebarkan secara online.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden menggunakan
Tinder dengan motivasi love dan ease of communication, sedangkan responden cenderung
tidak menggunakan Tinder dengan motivasi casual sex atau-pun Self-worth validation.
Pada self-presentation Tinder, responden melaporkan nilai yang lebih tinggi pada real-self
presentation, dibandingkan dengan Deceptive self-presentation pada saat menggunakan
Tinder. Pada penelitian ini juga ditemukan hubungan yang positif antara motivasi love
dengan real self-presentation dan juga antara motivasi casual sex dengan deceptive selfpresentation.
Kata kunci : Kencan online, Mahasiswa, Motivasi, Self-presentation, Tinder"
No copy data
No other version available