Text
[SKRIPSI] GAMBARAN BRAND LOYALTY TERHADAP GO-PAY PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PADJADJARAN
"ABSTRAK
Saat ini, pembayaran non tunai kerap menjadi pilihan masyarakat dalam
melakukan transaksi pembayaran. Salah satu inovasi yang kian marak ialah
penggunaan dompet elektronik. Pilihan dari dompet elektronik pun kian beragam.
Salah satu perusahaan yang memberikan layanan dompet elektronik ialah Go-Jek
dengan Go-Paynya. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan terhadap penggunaan
dompet elektronik di Indonesia, didapatkan bahwa Go-Pay kerap menduduki
peringkat pertama dalam jumlah penggunaan tiap bulannya selama 3 tahun terakhir
(Devita, 2019). Dalam meningkatkan keuntungan perusahaan, konsumen yang
loyal terhadap Go-Pay menjadi penting karena biaya yang diperlukan untuk
mempertahankan konsumen lebih kecil dibanding mencari konsumen baru. Untuk
terus menjadi dompet elektronik nomor satu, Go-Pay harus memahami loyalitas
yang dimiliki konsumennya. Data dari Jakpat dan Daily Social (2018)
menunjukkan bahwa mayoritas pengguna dompet elektronik berusia 20-35 tahun.
Sebagai Universitas yang menyumbang jumlah mahasiswa paling banyak di
Jatinangor (Universitas Padjadjaran, 2017), dilakukan pengambilan data awal pada
mahasiswa Universitas Padjadjaran dan didapatkan bahwa Go-Pay merupakan
dompet elektronik yang paling sering digunakan oleh mahasiswa Universitas
Padjadjaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
gambaran brand loyalty mahasiswa Universitas Padjadjaran yang menggunakan
Go-Pay.
Penelitian dilakukan pada 339 mahasiswa Universitas Padjadjaran
menggunakan teknik quota sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan
kuesioner online berisi 17 item yang dimodifikasi berdasarkan alat ukur service
loyalty yang disusun oleh El-Manstrly & Harrison (2013).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki
brand loyalty yang tinggi terhadap Go-Pay. Hal ini menunjukkan bahwa responden
memiliki komitmen yang tinggi untuk menggunakan kembali Go-Pay ketika
konsumen hendak menggunakan dompet elektronik. Jika melihat loyalitas
berdasarkan tahapnya, affective loyalty merupakan tahap yang paling banyak
memiliki responden dengan kategori loyalitas tinggi. Sedangkan tahapan yang
paling sedikit memiliki responden dengan kategori loyalitas tinggi adalah tahapan
action loyalty.
Kata Kunci: Brand Loyalty, Go-Pay, Dompet Elektronik, Mahasiswa"
No copy data
No other version available