Text
[TESIS] "PENGARUH ORGANIZATIONAL CLIMATE TERHADAP JOB SATISFACTION (Pengaruh Organizational Climate Terhadap Job Satisfaction Serta Rancangan Intervensi Pegawai Kantor Pos Ujung Berung Bandung)"
"ABSTRAK
Sumber daya manusia merupakan faktor sentral dalam sebuah organisasi
sehingga merupakan bidang yang menarik untuk dipelajari. Pegawai menjadi
elemen penting dalam organisasi dalam mencapai tujuannya. Di samping itu,
pegawai juga membutuhkan organisasi sebagai tempat untuk memenuhi
kebutuhannya tidak hanya kebutuhan material tetapi juga kebutuhan immaterial,
salah satu kebutuhan immaterial yang diinginkan karyawan adalah terwujudnya
organizational climate yang favorabel yang dapat meningkatkan job satisfaction
pegawai.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh organizational climate
terhadap job satisfaction pada pegawai kantor Pos Ujung Berung Bandung dan
menyusun rancangan intervensi yang dapat dilakukan untuk mengoptimakan
organizational climate sehingga produktivitas kerja pegawai di dalam perusahaan
dapat tercapai sesuai dengan tujuan organisasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non-eksperimental dengan
menggunakan metode ex post facto. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
sampel jenuh kepada 63 responden yang merupakan pegawai tetap di kantor Pos
Ujung Berung Bandung. Alat ukur yang digunakan adalah Organizational Climate
Questionnaire dan Job Satisfaction Questionnaire.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa organizational climate di Kantor Pos
Ujung Berung Bandung memiliki pengaruh yang signifikan terhadap job
satisfaction. Pengaruh yang terjadi antara variabel independent dan variabel
dependent tersebut memiliki pengaruh yang positif. Pengaruh yang positif dapat
diartikan bahwa semakin favourabel tingkat organizational climate maka semakin
tinggi pula job satisfaction. Dari 6 dimensi organizational climate, dimensi yang
menunjukkan nilai favourabel paling tinggi yaitu pada dimensi responsibility.
Sedangkan dari 5 dimensi job satisfaction yang menunjukan dimensi paling puas
adalah dimensi coworkers.
Sebagai upaya dalam meningkatkan produktivitas maka diperlukan kegiatan
tindak lanjut melalui kegiatan intervensi berupa workshop yang menyasar pada
seluruh dimensi organizational climate dengan fokus pada dimensi structure dan
recognition pada seluruh pegawai kantor Pos UJB.
Kata kunci: Organizational Climate, Job Satisfaction, Kantor Pos UJB"
No copy data
No other version available