Text
[SKRIPSI] HUBUNGAN KEPUASAN KONSUMEN DENGAN ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH PADA PRODUK BOBA
"ABSTRAK
Boba merupakan isian dalam varian minuman yang saat ini sedang ramai
dibicarakan. Ramainya produk boba ini ditunjukkan dengan adanya pameran boba
di mall ternama Jakarta dan Bandung. Produk boba juga menjadi bahan
pembicaraan di internet seperti Instagram, twitter, Zomato, atau blog makanan.
Pembicaraan yang ramai di internet tersebut disebut sebagai electronic word-ofmouth
(EWOM). Banyak faktor yang mendorong konsumen untuk melakukan
EWOM dan salah satunya adalah kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan
pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran untuk menjelaskan
hubungan antara kepuasan konsumen dengan EWOM.
Penelitian menggunakan metode studi korelasi. Responden yang terlibat
dalam penelitian ini sebanyak 111 orang mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas
Padjadjaran. Teknik sampel yang digunakan adalah random sampling dengan
karakteristik sampel yaitu mahasiswa yang pernah membeli boba dan pernah
mengunggah postingan tentang boba. Pengambilan data dilakukan dengan
kuesioner online menggunakan aplikasi line. Alat ukur yang digunakan telah teruji
validitas dan reliabilitasnya. Alat ukur kepuasan konsumen diadaptasi dari alat ukur
yang dikembangkan oleh Conseugra (2007). Sedangkan, alat ukur EWOM
diadaptasi dari alat ukur Jeong & Jang (2011).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan
antara kepuasan konsumen dengan EWOM. Hubungan antara kepuasan konsumen
dengan EWOM didapatkan hasil berupa muatan yang positif. Sehingga, semakin
tinggi kepuasan konsumen maka semakin tinggi pula penyebaran EWOM positif
mengenai produk boba. Hasil penelitian akan ditinjau berdasarkan beberapa aspek
karakteristik responden dan juga beberapa pertanyaan sebagai data penunjang. Pada
penelitian ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai gambaran kepuasan konsumen,
gambaran EWOM, dan hubungan antara kepuasan dengan EWOM.
Kata Kunci: Kepuasan konsumen, Electronic word-of-mouth, Boba."
No copy data
No other version available