Text
[TESIS] Rancangan Virtual Reality Exposure Therapy (VRET) untuk Meningkatkan Social Interaction Self-Presentational Efficacy
"ABSTRAK
Kecemasan sosial merupakan permasalahan psikologis yang umum terjadi, dan biasanya muncul usia remaja. Salah satu jenis kecemasan sosial adalah kecemasan dalam berinteraksi sosial. Exposure Therapy diyakini mampu meningkatkan social interaction self-presentational efficacy yang dimiliki seseorang sehingga kecemasan dalam berinteraksi berkurang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi secara empirik tingkat kesesuaian rancangan Virtual Reality Exposure Therapy (VRET) untuk meningkatkan interaction self-presentational efficacy pada siswa SMA yang memiliki interaction anxiety.. Rancangan penelitian yang digunakan adalah studi eksploratif untuk menggali fenomena kecemasan sosial pada siswa SMA sebagai landasan perancangan VRET dan pre-experiment untuk melihat potensi VRET yang sudah dibuat untuk meningkatkan social interaction self-presentational efficacy. Rancangan VRET dibuat dengan menggunakan pendekatan instructional design (Morrison, 2004).Sebanyak 11 orang subyek siswa SMA didapatkan dengan menggunakan teknik sample purposif. Alat ukur yang digunakan adalah interview semi terstruktur berdasarkan goal, Operator, method and selection model (GOMS model) yang digunakan untuk evaluasi teknis program, interview semi-terstruktur yang berfokus pada aspek presence dari VRET dan social interaction self-presentational efficacy diukur dengan verbal analogue scale (VAS).
Hasil dari penelitian ini adalah rancangan VRET potensial untuk meningkatkan social interaction self-presentational efficacy pada siswa SMA yang memiliki kecemasan sosial. Elemen terpenting agar VRET dapat meningkatkan social interaction self-presentational efficacy adalah relaksasi, pengalaman keberhasilan dalam menghadapi situasi sosial serta situasi sosial di dalam VR menimbulkan perasaan yang sesuai dengan situasi sosial yang nyata. Peningkatan kualitas penghayatan kenyataan (presence) dari VRET dapat dilakukan dengan memperbaiki dimensi spatial Presence untuk meningkatkan penghayatan subyek terhadap situasi di realitas virtual. Penelitian lanjutan perlu dilakukan menghasilkan terapi untuk kecemasan sosial yang lebih efektif dan efisien.
Kata Kunci: VRET, Kecemasan Sosial, Kecemasan Interaksi, Interaction Self-presentational Efficacy, Exposure Therapy"
No copy data
No other version available