Text
[TESIS] ADAPTASI BAHASA ATTENTION TRAINING TECHNIQUE UNTUK ANAK USIA 5 – 6 TAHUN
"ABSTRAK
Adaptasi Bahasa Attention Training Technique untuk Anak Usia 5 – 6 Tahun
Anggi Rengganis; Lenny Kendhawati; Marisa Fransiska Moeliono
Attention Training Technique (ATT) adalah teknik treatment yang dikembangkan oleh Wells (1990) untuk digunakan dalam terapi metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan intervensi Attention Training Technique versi bahasa Indonesia yang sesuai dan dapat digunakan oleh anak usia 5-6 tahun, melalui adaptasi bahasa intervensi Attention Training Technique yang dibuat oleh Wells. Dalam penelitian ini, pengambilan sampel untuk survey kualitatif terkait bahasa dan pelaksanaan Attention Training Technique adalah anak usia 5 – 6 tahun, berdomisili di Bandung dan tidak didiagnosa memiliki gangguan tertentu. Metode adaptasi bahasa Adaptasi bahasa dilakukan pada instruksi Attention Training Technique dari Adrian Wells (1990) menggunakan metode Participatory and Iterative Process Framework for Language Adaptation (PIPFLA). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, treatment Attention Training Technique Bahasa Indonesia instruksi dasar yang sudah diterjemahkan sudah bisa dipahami anak usia 5 – 6 tahun dan dapat diuji cobakan pada anak usia 5 – 6 tahun, dengan perbaikan durasi waktu dan perlu dilakukan penelitian pendahulu atau survey mengenai backsound noise apa yang digunakan selama treatment.
Kata kunci: Attention Training Technique, Atensi, Adaptasi Bahasa"
No copy data
No other version available