Text
[SKRIPSI] PERAN SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP PENYESUAIAN AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN ANGKATAN 2020
"ABSTRAK
Tahun pertama merupakan waktu yang paling penting untuk adaptasi di perguruan tinggi karena banyaknya kemungkinan kesulitan penyesuaian yang dapat muncul. Untuk menghadapi berbagai macam perubahan yang terjadi, sangat penting bagi mahasiswa baru untuk menanggapi tuntutan dengan melakukan upaya-upaya untuk dapat menyesuaikan diri dengan perubahan akademik yang ada. Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara self-regulated learning dengan penyesuaian akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan self-regulated learning terhadap penyesuaian akademik mahasiswa Fakultas Psikologi Unpad angkatan 2020. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pendekatan non-eksperimental dengan menggunakan metode analisis regresi. Teknik pengambilan datanya melalui kuesioner online dengan teknik penarikan sampel yaitu simple random sampling. Jumlah responden penelitian ini adalah (n=111) yang merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran angkatan 2020. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada peranan self-regulated learning terhadap penyesuaian akademik. Temuan lain menunjukkan bahwa self-attribution berkorelasi dengan penyesuaian akademik.
Kata kunci: Self-regulated learning, penyesuaian akademik, mahasiswa tahun pertama."
No copy data
No other version available