Text
(SKRIPSI) GAMBARAN INTERGENERATIONAL CLIMATE MENURUT GENERASI X DAN GENERASI Y
"ABSTRAK
Perbedaan generasi telah menjadi salah satu isu mendasar dalam hal angkatan kerja karena dapat menjadi sesuatu yang menguntungkan, tetapi di saat yang sama juga dapat menghadirkan tantangan bagi organisasi karena setiap generasi memiliki karakteristik yang khas dan berbeda satu sama lain. Fenomena ini juga terjadi di PT. Telkom, dimana saat ini karyawan aktif PT. Telkom terdiri dari empat generasi berbeda, yaitu generasi baby boomer, generasi X, generasi Y, dan generasi Z. Ketika seluruh generasi ini diharuskan untuk bekerja dalam lingkungan kerja yang sama, maka diasumsikan bahwa karyawan dari empat generasi ini akan berinteraksi, sehingga melalui interaksi tersebut dapat terbentuk intergenerational climate. Perbedaan karakteristik masing-masing generasi diasumsikan akan menyebabkan intergenerational climate yang dipersepsikan oleh masing-masing karyawan dari tiap-tiap generasi pun dapat beragam. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan intergenerational climate menurut generasi X dan generasi Y.
Rancangan penelitian ini adalah non-eksperimental kuantitatif, dengan metode studi deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada 80 orang karyawan yang merupakan generasi X dan 65 orang karyawan yang merupakan generasi Y dengan teknik pengambilan sampel cluster sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner online yang disebarkan kepada karyawan terpilih. Intergenerational climate diukur menggunakan Workplace Intergenerational Climate Scale (King & Bryant, 2017) yang telah diadaptasi ke Bahasa Indonesia.
Hasil penelitian menemukan bahwa mayoritas atau sebanyak 79 orang atau 99% dari responden generasi X mempersepsikan intergenerational climate yang tercipta favorable, serta mayoritas atau sebanyak 62 orang atau 95% dari responden generasi Y mempersepsikan intergenerational climate yang tercipta favorable. Temuan ini membuktikan bahwa walaupun terdapat perbedaan karakteristik pada generasi yang berbeda, namun dinamika kerja antargenerasi yang tercipta tetap dapat dipersepsikan secara sama, yaitu dipersepsikan menyenangkan, oleh mayoritas karyawannya.
Kata kunci: Intergenerational climate, Generasi X, Generasi Y, Karyawan"
No copy data
No other version available