Text
[SKRIPSI] GAMBARAN KOMITMEN ORGANISASI PADA AWAK KABIN GENERASI Y DI PT. GARUDA INDONESIA (PERSERO)
"ABSTRAK
Garuda Indonesia merupakan perusahaan maskapai penerbangan nasional yang bergerak dibidang jasa transportasi udara yang memiliki rute layanan domestik maupun internasional. Pada perusahaan Garuda Indonesia ditemukan bahwa terdapat tingginya tingkat turnover terutama pada awak kabin yang termasuk dalam kategori generasi Y. Turnover memiliki hubungan yang signifikan dengan komitmen organisasi. Generasi Y di dunia kerja digambarkan sebagai generasi yang berusaha untuk mendapat lingkungan kerja yang tepat dan sesuai dengan pandangan ideal mereka, membangun pola hubungan jangka pendek dengan perusahaan serta memilih untuk menjalin hubungan yang transaksional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran komponen komitmen organisasi yang dominan pada awak kabin generasi Y di Garuda Indonesia.
Penelitian ini dilakukan terhadap 176 awak kabin generasi Y Garuda Indonesia. Rancangan penelitian yang digunakan adalah non-eksperimental kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner organizational commitment questionnaire (OCQ) yang mengacu pada teori organizational commitment (Allen & Meyer, 1991) dan telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia untuk memperoleh data mengenai organizational commitment dengan koefisien cronbach’s alpha 0.960 menyatakan bahwa alat ukur tersebut reliabel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komponen komitmen organisasi yang mendominasi awak kabin generasi Y di Garuda Indonesia adalah affective commitment dengan persentase sebesar (43.8%) dan memiliki taraf affective commitment yang tinggi, kemudian diikuti dengan komponen continuance commitment (33.9%) dan normative commitment (23.3%) dengan taraf sedang. Hal tersebut memberikan gambaran bahwa awak kabin generasi Y yang bertahan di Garuda Indonesia mempunyai keterikatan secara emosional dengan tempat mereka bekerja. Berdasarkan data penunjang, affective commitment mereka tinggi karena lingkungan kerja yang menyenangkan dan nyaman serta adanya rasa kekeluargaan antar rekan kerja.
Kata Kunci: Generasi Y, Awak Kabin, Komitmen Organisasi."
No copy data
No other version available