Text
[TESIS]Peran Parental Support Dalam Memengaruhi Behavioral Engagement dan Behavioral disaffection siswa Sekolah Dasar Melalui Basic Psychological Needs Satisfaction
ABSTRAK
Orang tua memainkan peran penting untuk menumbuhkan motivasi intrinsik siswa dalam mengikuti proses belajar. Orang tua yang menunjukkan kedekatan dengan siswa mendorong behavioral engagement dalam belajar. Orang tua yang terlalu membatasi siswa menimbulkan perasaan frustrasi yang berujung pada behavioral disaffection. Penelitian ini dikaji berdasarkan konsep self system model (Connell & Wellborn, 1991) dengan melibatkan parental support sebagai social context yang dapat memengaruhi behavioral engagement dan behavioral disaffection pada siswa sekolah dasar di Jatinangor. Proses tersebut tidak terjadi secara langsung, melainkan dimediasi melalui basic needs satisfaction (need for competence dan need for relatedness). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses parental support dalam memengaruhi behavioral engagement dan behavioral disaffection melalui mediasi basic psychological needs satisfaction pada siswa kelas 4 – 6 sekolah dasar di Jatinangor. Data dikumpulkan menggunakan self report questionnaire yang mengukur lima variabel yaitu behavioral engagement dan behavioral disaffection, basic psychological needs satisfaction, parent dari siswa sekolah dasar kelas 4 – 6 (53.1% perempuan dan 46.9% laki-laki). Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan teknik analisis regresi simple mediation model (Hayes, 2018). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa parental support dapat meningkatkan behavioral engagement dan menurunkan behavioral disaffection pada siswa
sekolah dasar kelas 4 – 6 sekolah dasar di Jatinangor. Need for competence terbukti memediasi peran parental support dengan behavioral engagement dan behavioral isaffection. Sementara itu, need for relatedness terbukti memediasi peran parental support terhadap behavioral engagement, tetapi tidak terbukti dapat memediasi peran parental support terhadap behavioral disaffection. Hasil dari penelitian ini mendukung temuan sebelumnya bahwa peran orang tua penting untuk meningkatkan behavioral engagement dan menurunkan behavioral disaffection. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengeksplorasi peran social context lain (guru, teman sebaya) terhadap engagement dan disaffection
pada siswa sekolah dasar.
Kata kunci: parent autonomy support, parent involvement, parent structure, basic psychological needs satisfaction, behavioral engagement, behavioral disaffection, siswa sekolah dasar.
No copy data
No other version available