Text
[TESIS] Rancangan Intervensi untuk Mengembangkan Kopetensi Career Adaptability Siswa Kelas X SMK Pasundan Jatinangor
ABSTRAK
Judul: Rancangan Intervensi Untuk Mengembangkan Kompetensi Career Adaptability Siswa Kelas X SMK Pasundan Jatinangor. Nyayu Nazihah Khairunnisa. Program Magister Psikologi Profesi Universitas Padjadjaran. 2020.
Perubahan dunia kerja yang semakin menuntut fleksibilitas individu dalam kehidupan karier mendorong individu untuk mampu beradaptasi dalam konteks karier. Career adaptability diperlukan dalam menghadapi tugas perkembangan karier, transisi serta trauma karier yang akan dihadapi individu sepanjang hidupnya. Siswa kelas X SMK Pasundan Jatinangor yang dituntut untuk dapat bekerja setelah mereka menyelesaikan pendidikan SMK perlu mengembangkan career adaptability dalam rangka menghadapi tugas perkembangan karier, transisi serta trauma karier yang mereka hadapi saat ini maupun di masa yang akan datang. Studi menunjukkan bahwa career adaptability merupakan konstruk yang dapat dipelajari dan dapat dikembangkan menggunakan pelatihan dengan efek jangka panjang. Dengan demikian, pelatihan dapat menjadi alternatif dalam mengembangkan kompetensi career adaptability individu dalam rangka membangun karier.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh rancangan intervensi untuk mengembangkan sikap dan/atau kompetensi career adaptability siswa kelas X SMK Pasundan Jatinangor. Asesmen kebutuhan dilakukan kepada 121 siswa kelas X SMK Pasundan Jatinangor dengan menggunakan kuesioner Career Adapt-Ability Scale (Savickas & Porfeli, 2010) yang telah diadaptasi. Hasil asesmen kebutuhan dijadikan landasan dalam perancangan intervensi dengan konten materi mengacu pada konsep career adaptability yang dikemukakan oleh Savickas (2005) serta metode instruksional mengacu pada konsep Gagne’s Nine Events of Instruction (1992). Rancangan intervensi yang telah disusun dievaluasi melalui diskusi panel yang terdiri dari empat orang panelis dengan kriteria penilaian mengacu pada Criteria for Evaluating Treatment Guidelines (APA, 2002).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kebutuhan pengembangan pada aspek kompetensi career adaptability, khususnya kompetensi decision making, exploring, dan problem solving. Dari hasil evaluasi rancangan intervensi diperoleh kesepakatan penilaian antar panelis dengan nilai inter-rater reliability 0,94. Rancangan intervensi yang telah disusun dinyatakan sesuai dengan acuan teori career adaptability yang digunakan. Rancangan intervensi juga sudah dapat digunakan karena telah dilakukan perbaikan atau pengembangan berdasarkan saran pengembangan yang diberikan panelis terutama pada aspek kejelasan instruksi pada perangkat intervensi agar pelatihan ini dapat dijalankan oleh guru BK SMK Pasundan Jatinangor dengan latar belakang pendidikan dan usia yang beragam. Dengan demikian, rancangan intervensi yang disusun sudah dapat digunakan untuk mengembangkan kompetensi career adaptability siswa kelas X SMK Pasundan Jatinangor.
Kata kunci: career adaptability, pelatihan, intervensi.
No copy data
No other version available