Text
[SKRIPSI] STUDI KORELASI MENGENAI RELIGIUSITAS DAN STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA ISLAMIC BOARDING SCHOOL"
"school merupakan lembaga pendidikan yang
mengintegrasikan pembelajaran nilai-nilai agama Islam dan nilai-nilai akademik
dengan menempatkan para siswanya untuk tinggal bersama dalam lingkungan
asrama. Lingkungan agamis tersebut dapat menyebabkan tingginya religiusitas
pada siswa. Beberapa studi menunjukkan adanya hubungan positif antara
religiusitas dengan student engagement serta ketiga dimensinya (behavioral
engagement, emotional engagement, cognitive engagement). Namun, belum ada
studi terkait yang meneliti dalam konteks umat beragama Islam khususnya di
Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji adanya hubungan antara
religiusitas dan student engagement pada siswa Islamic boarding school. Penelitian
ini menggunakan pendekatan non-eksperimental dengan metode korelasional.
Pengambilan sampel dilakuan dengan menggunakan probability sampling jenis
stratified random sampling sehingga didapatkan sejumlah 17 siswa perempuan dan
23 siswa laki-laki (n = 40) sebagai responden. Penelitian dilakukan secara online
dengan menyebarkan kuesioner The Centrality of Religious Scale (CRS) dan
Student Engagement Measurement melalui Google Form. Hasilnya, ditemukan
bahwa terdapat hubungan korelasi positif antara religiusitas dan dimensi emotional
engagement (r = 0,415, p = 0,008). Sementara itu, religiusitas ditemukan tidak
memiliki hubungan korelasi yang signifikan dimensi behavioral engagement (r =
0,071, p = 0,664) dan cognitive engagement (r = 0,265, p = 0,099).
Keywords: Islamic boarding school, religiusitas, student engagement, siswa"
No copy data
No other version available