Text
[SKRIPSI] Gambaran Self-Concept Pada Siswa SMP Korban Bullying di SMP PGRI 1 Jatinangor.
"ABSTRAK
Remaja pada masanya banyak melakukan eksplorasi diri untuk menemukan jati diri. Lewat interaksi dengan lingkungan sosial dan sekolahnya, ia bisa mendapatkan informasi-informasi terkait dirinya. Sekolah seharusnya menjadi tempat bagi siswa untuk merasa aman dan nyaman, tetapi masalah yang terjadi adalah terjadinya perilaku bullying, khususnya di lingkungan sekolah. Ketidak nyamanan mulai timbul akibat dari perilaku bullying ini, menyebabkan siswa mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan. Skema kehidupan yang kurang menyenangkan ini kemudian dipersepsikan oleh siswa hingga membentuk konsep dirinya. Siswa yang terkena bullying cenderung memiliki pengalaman traumatis dan takut untuk bertindak sehingga muncul persepsi tertentu tentang dirinya sebagai korban bullying. Atas dasar tersebut, penelitian ini bertujuan untuk dapat melihat bagaimana gambaran konsep diri pada siswa korban bullying di SMP PGRI 1 Jatinangor.
Alat ukur yang digunakan untuk mengukur konsep diri adalah hasil adaptasi dari alat ukur Konsep Diri The Song and Hattie Test oleh Sekar Putri (2016) dengan reliabilitas .92 dan validitas good fit berdasarkan kriteria Hooper (2008). Responden penelitian ini berjumlah 48 orang siswa-siswi SMP PGRI 1 Jatinangor yang berusia 12-15 tahun dan setidaknya pernah atau masih menjadi korban bullying semenjak masuk ke SMP PGRI 1 Jatinangor.
Melalui hasil olah data didapatkan hasil bahwa gambaran konsep diri pada siswa korban bullying di SMP PGRI 1 Jatinangor sebagian besar berada pada kriteria sedang dengan tingkat bullying yang rendah. Meskipun begitu tidak luput adanya siswa korban bullying yang memiliki konsep diri tinggi dan rendah.
Kata kunci: konsep diri, bullying, remaja"
No copy data
No other version available