Text
[SKRIPSI] Peran Dukungan Dosen Pembimbing terhadap Engagement Mahasiswa Dalam Mengerjakan Skripsi.
ABSTRAK
Skripsi merupakan syarat kelulusan untuk menempuh jenjang pendidikan strata-1 (S1). Perilaku mahasiswa dalam mengerjakan skripsi menunjukkan perbedaan, ada yang terlibat dengan aktif ada juga yang dengan sengaja menunda. Perbedaan ini diasumsikan karena adanya peran dukungan dosen pembimbing. Secara konseptual dukungan pembimbing dapat dijelaskan dengan Teacher Support yang berdasar pada pemenuhan Basic Psychological Needs of Satisfaction - Self-Datermination Theory (Deci & Ryan, 2008) . Sedangkan keterlibatan individu dalam konteks akademik dapat dijelaskan dengan konsep student engagement yang terdiri dari behavioral, emotional, cognitive, dan agentic engagement (Reeve & Tseng, 2011).
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah dukungan dosen pembimbing mampu meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Melibatkan 295 mahasiswa yang sedang mengambil skripsi (P= 154, 52% ; L=142, 48%). Penelitian ini mengggunakan analisis regresi linear berganda dengan teknik two-stage cluster sampling. Hasil anaslisi menunjukkan bahwa tiga tipe dukungan pembimbing meningkatkan behavioral engagement (B= 3,297 p=0,000), emotional engagement (B= 2,725 p=0,000), cognitive engagement (B= 4,095 p=0,000), serta agentic engagement (B= 2,317 p=0,000). Penelitian ini menunjukkan bahwa dukungan autonomy dari dosen pembimbing berperan penting untuk meningkatkan keterlibatan perilaku, emosional dan agentik mahasiswa dalam mengerjakan skripsi meskipun diberikan tidak secara simultan dengan tipe dukungan lain. Sedangkan, untuk meningkatkan keterlibatan kognitif mahasiswa, dosen perlu memberikan struktur atau kejelasan mengenai hal-hal yang diharpakan dalam pengerjaan skripsi.
Kata kunci: teacher support, engagement, skripsi
No copy data
No other version available