Skripsi
Perencanaan kampanye Syafrudin-Subadri Usuludin dalam kontestasi Pilkada Kota Serang 2018
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana perencanaan kampanye yang dilakukan oleh pasangan Syafrudin dan Subadri Usuludin dalam Pilkada Kota Serang tahun 2018. Pada Pilkada Kota Serang 2018, perencanaan kampanye serta metode kampanye yang digunakan oleh pasangan SyafrudinSubadri Usuludin sangat menarik untuk diteliti. Pilkada Kota Serang 2018 ini diramaikan oleh 3 pasangan calon yang salah satu diantaranya adalah setengah incumbent yang merupakan istri dari petahana. Dengan perencanaan kampanye yang efektif, pasangan Syafrudin-Subadri Usuludin pada akhirnya mampu menang dari setengah incumbent tersebut. tahapan, metode, serta fakor-faktor yang ada di dalam perencanaan kampanye ini yang menarik untuk diteliti. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti mengambil fokus rujukan dari teori, tahapan serta metode kampanye dari Brian J. O’Day. Penelitian ini juga didukung oleh teori yang berkaitan dengan teori komunikasi politik, yaitu teori Anwar Arifin dan sedikit teori pembantu dari Antar Venus dan Hafied Cangara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terhadap narasumber, dan dari beberapa data sekunder seperti observasi lapangan serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasangan Syafrudin dan Subadri Usuludin beserta tim melakukan tahapan-tahapan kampanye yang sesuai dengan enam tahapan dalam melakukan kampanye dari Brian J. O’Day yang terdiri dari melakukan penelitian, mengatur tujuan, menentukan target pemilih, membangun pesan kampanye, membangun hubungan dengan pemilih, dan pelaksanaan kampanye. Selain itu ada beberapa faktor yang membuat Syafrudin-Subadri Usuludin mampu mengungguli setengah incumbent seperti, adanya kejenuhan dari masyarakat Kota Serang atas praktek politik dinasti di Kota Serang, lemahnya figur dari setengah incumbent dan beberapa faktor lainnya. Adapun, tahapan membangun pesan kampanye dan membangun hubungan dengan pemilih menjadi keunggulan tersendiri dari pasangan ini, pendekatan perseorangan dengan metode coffees dan door to door menjadi faktor penentu dalam kampanye dari pasangan Syafrudin dan Subadri Usuludin di pilkada Kota Serang 2018.
Kata kunci : Perencanaan Kampanye, Syafrudin-Subadri Usuludin, Kota Serang.
No copy data
No other version available