Skripsi
Implementasi Program Layanan Transjakarta Cares bagi penumpang penyandang disabilitas di PT. Transportasi Jakarta
Penelitian ini menjelaskan tentang implementasi program layanan Transjakarta Cares bagi penumpang penyandang disabilitas di PT.Transportasi Jakarta. Fenomena penyandang disabilitas merupakan fenomena yang mudah ditemui dan disimbolkan dengan kondisi orang-orang yang memiliki keterbatasan serta memiliki hambatan salah satunya dalam hal mobilisasi. Dengan adanya Transjakarta Cares yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, diharapkan mampu mengatasi keluhan para disabilitas dalam hal mobilisasinya. Namun pada kenyatannya pelaksanaan Program Transjakarta Cares masih belum berjalan dengan baik sehingga menarik untuk diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memahami, menganalisis dan menjelaskan berbagai aspek yang ada dalam Implementasi Program Layanan Transjakarta Cares bagi Penumpang Penyandang Disabilitas di PT.Transportasi Jakarta. Teori yang dikemukakan G. Shabbir Cheema dan Dennis A. Rondinelli (1983) dijadikan sebagai acuan (guidance) di dalam penelitian ini, dimana di dalam Implementasi Program didalamnya terdapat 4 variabel penentu keberhasilan, yaitu variabel kondisi lingkungan, hubungan antar organisasi, sumber daya organisasi untuk implementasi program dan karakteristik dan kemampuan agen pelaksana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program layanan Transjakarta Cares belum berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan oleh berbagai variabel yang mempengaruhi kinerja program tidak dalam keadaan optimal untuk mendukung keberhasilan program. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi lingkungan yang belum mendukung program seperti infrastruktur yang belum memadai serta belum ramah disabilitas, tidak adanya kejelasan dan konsistensi hubungan antar instansi terkait, belum adanya pembagian fungsi yang jelas antar instansi, serta sumber daya manusia dan komitmen pelaksana yang kurang. Konsep baru yang dihasilkan dari hasil penelitian ini adalah bahwa dalam Implementasi Program Layanan Transjakarta Cares bagi Penyandang Disabilitas di PT.Transportasi Jakarta ini dalam segi program merupakan pioneer di Indonesia yang menggunakan sistem reservasi/pemesanan hotline dan online yang pelayanannya point to point agar tidak terjadi antrean penggunaan. Sistem seperti ini diterapkan agar menjadi percontohan untuk memperbaiki pelayanan dan diharapkan dapat diterapkan di seluruh provinsi di Indonesia.
Kata kunci : Implementasi Program, disabilitas, Layanan Transjakarta Cares.
No copy data
No other version available