Skripsi
Efektivitas kebijakan tata cara penerimaan peserta didik baru melalui sistem zonasi pada jenjang SMP Negeri di Kota Bandung
Skripsi ini menggambarkan hasil penelitian mengenai efektivitas kebijakan tata cara penerimaan peserta didik baru melalui sistem zonasi pada jenjang SMP Negeri di Kota Bandung. Latar belakang dari penulisan skripsi ini adalah ketertarikan penulis untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan kebijakan PPDB sistem zonasi pada tahun ajaran 2018/2019. Pelaksanaan kebijakan PPDB sistem zonasi di Kota Bandung dilaksanakan berdasarkan Perwal No 456 Tahun 2018. Pelaksanaan PPDB berdasarkan sistem zonasi merupakan sistem yang berdasarkan pada radius atau jarak terdekat dari rumah ke sekolah. Tujuan dari sistem zonasi ini adalah untuk pemerataan akses layanan pendidikan. Teori yang digunakan untuk menggambarkan proses PPDB di Kota Bandung adalah teori efektivitas kebijakan dari Riant Nugroho yang terdiri lima prinsip yaitu tepat kebijakan, tepat pelaksana, tepat target, tepat lingkungan dan tepat proses. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik penentuan informan yaitu menggunakan teknik purposive. Hasil penelitian dari penelitian ini menujukan bahwa pelaksanaan Kebijakan PPPDB Pada Jenjang SMP Negeri di Kota Bandung yang dianalisis melalui lima prinsip efektivitas dapat disimpulkan bahwa untuk prinsip tepat kebijakan, tepat pelaksana dan tepat target sebagian besar sudah efektif, sedangkan untuk prinsip tepat lingkungan dan tepat proses sebagian besar masih belum efektif. Hal ini sisebabkan karena kurangnya interaksi dalam bentuk sosialisasi yang dibangun antara perumus kebijakan dengan implementor tingkat bawah. Selain itu, masih banyak masyarakat yang belum sepenuhnya memahami, menerima dan siap dengan adanya sistem zonasi ini sehingga kebijakan sistem zonasi ini masih belum mampu merubah persepsi masyarakat terhadap keberadaan sekolah favorit. Saran penulis mengenai kebijakan PPDB sistem zonasi ini yaitu sebaiknya sosialisasi dilakukan secara masif dan berkepanjangan, memperbaiki kualitas sekolah sesuai dengan standar nasional, mempertimbangkan ketersediaan jumlah sekolah di setiap wilayah, serta memfasilitasi siswa yang mempunyai nilai yang unggul dan jauh diluar zona agar tetap bisa masuk ke sekolah terbaik.
Kata kunci : Efektivitas Kebijakan, Penerimaan Peserta Didik Baru, Sistem Zonasi.
No copy data
No other version available