Skripsi
Globalisasi cashless society : studi kasus Go-Pay Indonesia tahun 2014-2019
Globalisasi cashless society adalah fenomena yang sedang terjadi di dunia perekonomian di era modern ini. Banyak negara yang mulai mengadaptasi penggunaan layanan pembayaran non tunai ini, dan tidak terkecuali Indonesia. Indonesia memiliki banyak perusahaan teknologi finansial yang menyediakan layanan pembayaran non tunai dan salah satunya adalah Go-Pay. Riset ini ditujukan untuk melihat globalisasi cashless society yang terjadi di Indonesia melalui Go-Pay sebagai penyedia layanan pembayaran non tunai yang memiliki tingkat kepopuleran di masyarakat mulai dari tahun 2014 hingga tahun 2019. Riset ini melihat bagaimana dinamika cashless society yang terjadi di Indonesia mulai dari adopsi G20 Financial Inclusion Action Plan ke dalam Strategi Nasional Keuangan Inklusif dan proses penyebaran cashless society yang dilakukan oleh Go-Pay. Dalam mengkaji masalah ini, periset menggunakan metode kualitatif dalam melihat fenomena cashless society yang terjadi di Indonesia dan tindakan Go-Pay terhadap inovasi model bisnis melalui pembayaran digital atau mobile payment. Riset ini menghasilkan gambaran globalisasi cashless society Indonesia yang sesuai dengan lima dari sembilan prinsip yang ada dalam G20 Financial Inclusion Plan yang diatur dalam Strategi Nasional Keuangan Inklusif Indonesia dan Go-Pay berjalan sesuai dengan strategi pemerintah ini dalam meningkatkan inklusi keuangan masyarakat Indonesia. Periset juga melihat kacamata ‘scapes’ oleh Arjun Appadurai yang sesuai dengan cashless society Indonesia yang dibawa oleh Go-Pay yakni technoscapes, mediascapes dan ideascapes.
Kata kunci : Cashless society, G20 Finansial Inclusion Action Plan, Globalisasi, Go-Pay, Mobile Payment, Strategi Nasional Keuangan Inklusif.
No copy data
No other version available