Skripsi
Interaksi Sosial pada Penggunaan Handphone di Kalangan Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Bandung
Interaksi sosial ialah tindakan yang dilakukan seseorang dimana tindakan tersebut mempengaruhi, mengubah, atau memperbaiki perilaku orang lain. Proses interaksi sosial yang paling ideal ialah interaksi yang dilakukan secara langsung (tatap muka), pertukaran informasi secara tatap muka dapat mempercepat proses saling mempengaruhi antara pihak-pihak yang berinteraksi didalamnya. Munculnya handphone sebagai media interaksi sosial yang sifatnya tidak langsung interaksi dirasakan menurun kualitasnya. Interaksi sosial terjadi melalui dua syarat, adanya kontak sosial dan komunikasi. Penelitian ini berusaha menjelaskan perubahan pada interaksi sosial yang terjadi semenjak adanya handphone melalui dua syarat tersebut. Pada kontak sosial menggunakan pendekatan percakapan, saling menghormati dan menghargai, dan kerjasama, sedangkan pada komunikasi menggunakan pendekatan keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, dan kesetaraan.Penelitian dilakukan terhadap siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 1 Bandung dengan jumlah 389 orang dan sampel yang ditentukan sebanyak 40 orang. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat sebuah perubahan yang signifikan dan bermakna pada interaksi sosial siswa-siswi semenjak menggunakan handphone. Metode yang digunakan ialah eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perubahan yang signifikan pada interaksi sosial yang terjadi semenjak siswa-siswi menggunakan handphone dibuktikan dengan dengan p value (Asymp. Sig 2- tailed) sebesar 0,000 dimana kurang dari batas kritis penelitian 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah menerima H1. Perubahan tersebut bergerak ke arah yang positif dimana siswa-siswi lebih cenderung melakukan kontak sosial yang sifatnya primer (langsung), dan juga sifat kontak sosial yang berubah ke arah asosiatif (kerjasama). Kata Kunci: Interaksi sosial, Handphone, Siswa-siswi.
No copy data
No other version available