Skripsi
Evaluasi Program Kartu Jakarta Pintar oleh Unit Pelaksana Teknis Pusat Pelayanan Pendanaan Personal dan Operasional Pendidikan (UPT P4OP) pada Jenjang Sekolah Dasar di Kota Administrasi Jakarta Barat : studi kasus tahun 2013-2017
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena bantuan biaya personal pendidikan melalui Kartu Jakarta Pintar oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada masyarakat yang tidak mampu. DKI Jakarta merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki angka putus sekolah yang cukup tinggi. Dengan tingginya angka putus sekolah tersebut, pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat solusi dengan memberikan bantuan dana bagi peserta didik yang tidak mampu melalui Kartu Jakarta Pintar (KJP). Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui mengapa evaluasi program Kartu Jakarta Pintar oleh Unit Pelayanan Teknis Pusat Pelayanan Pendanaan Personal dan Operasional Pendidikan (UPT P4OP) pada tingkat sekolah dasar di Kota Administrasi Jakarta Barat belum dapat mengatasi permasalahan yang terjadi terkait dengan program Kartu Jakarta Pintar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori evaluasi program yang dikemukakan oleh Daniel L. Stufflebeam, yaitu evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi proses, dan evaluasi produk. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik keabsahan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan evaluasi terhadap program Kartu Jakarata Pintar Oleh Unit Pelaksana Teknis Pusat Pelayanan dan Pendanaan Personal dan Operasional Pendidikan (UPT P4OP) Pada Tingkat Sekolah Dasar di Kota Administrasi Jakarta Barat belum dilakukan secara menyeluruh dan mendalam sehingga belum adanya perbaikan terkait permasalahan-permalasahan yang terjadi pada setiap komponen evaluasi yang dikemukakan oleh Stufflebeam.
Kata kunci : Evaluasi Program, Program Kartu Jakarta Pintar, DKI Jakarta.
No copy data
No other version available