Skripsi
Relasi Sosial Pengemudi Ojek Online GO-JEK dengan Ojek Pangkalan Pasawahan Kecamatan Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung
Penelitian atas dasar fenomena di lapangan, terkait adanya inovasi dan menyangkut masalah transportasi yang diakses melalui sistem aplikasi komunikasi handphone hasil pengembangan perusahaan GO-JEK. Model transportasi ojek seperti layaknya ojek pangkalan sudah terlebih daulu dikenal masyarakat pengguna. Disaat kini mulai berkembang dan menjamurnya ojek online. Kesamaan profesi pekerjaan seperti hal tersebut tidak menutup didalamnya terdapat hubungan kerja sama dan bahkan dapat menimbulkan suatu persaingan. Tujuan dari penelitian guna mengetahui termasuk mengkaji tentang hubungan sosial antara ojek online dan ojek pangkalan di wilayah kabupaten Bandung. Telaahan berupa hubungan sosial asosiatif berkaitan menyangkut berapa jauh adanya kerja sama dan akomoadasi termasuk hubungan sosial disosiatif adanya persaingan serta pertikaian. Penelitian menggunakan pendekatan analisa kualitatif dan penentuan informan dengan cara teknik purposive. Pengumpulan data berdasarkan teknik wawancara, observasi, dokumentasi termasuk juga teknik analisisnya berupa triangulasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa hubungan sosial antara ojek online dengan ojek pangkalan terdapat bentuk asosiatif maupun disosiatif dan tidak ada kecenderungan khusus, namun kondisi situasinya berimbang. Berkaitan dengan hal tersebut sebagai akibat adanya kesadaran dari kedua belah pihak termasuk pihak aparat kepolisian turut berperan dalam menjaga hubnungan sosial mereka.
Kata kunci : Ojek, hubungan sosial, asosiatif, disosiatif.
No copy data
No other version available