Skripsi
Strategi High Passive Pricing Pada The Imperium International Hotel Bandung
Dalam penelitian ini peneliti mengambil judul Strategi High Passive Pricing Pada The Imperium International Hotel Bandung. Tujuan dari penelitian tang dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi Strategi High Passive Pricing Pada The Imperium International Hotel Bandung, yaitu; karakteristik dari konsumen/pembeli, karakteristik produk, karakteristik perusahaan, karakteristik persaingan, dan aturan hukum yang berlaku.
Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif di mana penulis adalah sebagai instrumen penelitian. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain adalah wawancara, triangulasi dan studi kepustakaan. Wawancara dilakukan kepada beberapa informan, yaitu; Direktur, General Manager, EAM Incharge, Senior Sales Marketing Executive, Public Relation, Assistant Front Office Manager, Konsumen, PHRI, dan praktisi perhotelan. Data yang diperoleh dari informan diolah dengan cara data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi High Passive Pricing Pada The Imperium International Hotel Bandung secara umum dapat dikatakan sudah cukup baik. Hal ini ditunjukan dari tingkat okupansi The Imperium International Hotel Bandung sepanjang tahun 2013 lebih besar daripada rata-rata tingkat okupansi hotel di Kota Bandung. . Sepanjang tahun 2013 The Imperium International Hotel Bandung mencatatkan tingkat okupansi sebesar 54 persen, sedangkan rata-rata tingkat okupansi hotel di Kota Bandung adalah sekitar 43 persen. Segmen MICE memberikan kontribusi 50 persen dari total tingkat okupansi. Namun, terdapat beberapa hal yang menghambat The Imperium International Hotel Bandung dalam menjalankan strategi high passive pricing, seperti masih terdapatnya masalah-masalah teknis pada hotel, banyaknya pembangunan hotel-hotel baru, dan kebijakan aturan hukum yang berlaku mulai dari kenaikan harga bahan bakar minyak hingga kenaikan tarif tenaga listrik setiap dua bulan sekali.
Oleh karena itu, The Imperium International Hotel Bandung harus mengatasi masalah-masalah teknis pada hotel dan sebaiknya harus melakukan efisiensi dan efektifitas dalam menjalankan operasionalnya untuk menghemat biaya operasional.
Kata Kunci : Harga, Strategi Harga, High Passive Pricing
No copy data
No other version available