Skripsi
Pendidikan Moral Anak Usia Prasekolah Penghuni Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) : studi kasus Rusunawa Solokan Jeruk Kabupaten Bandung
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana pendidikan moral anak usia prasekolah di Rusunawa serta bagaimana peran orang tua dalam memberikan pendidikan moral anak usia prasekolah di Rusunawa Solokanjeruk. Penelitian ini dilihat dari bagaimana pola pendidikan moral yang dilakukan oleh orang tua dimana diturunkan melalui 4 prinsip peranan keluarga yaitu Modelling, Mentoring, Organizing, dan Teaching. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan catatan lapangan, sedangkan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pedoman wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua yang berasal dari 3 keluarga yang memiliki anak usia prasekolah. Hasil penelitian ini menggambarkan bagaimana pendidikan moral anak usia prasekolah di Rusunawa serta bagaimana peran orang tua dalam memberikan pendidikan moral anak usia prasekolah di Rusunawa Solokanjeruk. Berdasarkan hasil penelitian, orang tua yang memiliki anak usia prasekolah telah melakukan proses Modelling, Mentoring, Organizing, dan juga Teaching. Hal ini juga didasarkan pada pola perkembangan moral. Namun, adanya rasa takut yang dimiliki orang tua apabila anak bermain jauh dari hunian tempat tinggal membuat interaksi anak hanya terbatas di sekitar hunian saja. Oleh karena itu, perlu adanya wadah bagi anak untuk dapat bermain dan berinteraksi dengan lingkungan tempat tinggalnya yang baru dan dapat menghapus kekhawatiran orang tua jika anak bermain dilingkungannya tanpa adanya pengawasan.
Kata kunci : Anak Usia Prasekolah, Pendidikan Moral, Modelling, Mentoring, Organizing, Teaching.
No copy data
No other version available