Skripsi
Pengendalian Reklame Insidental oleh Bagian Pengawasan dan Pengendalian dinas Pendapatan dan Keuangan Daerah Kabupaten Bandung
Penulisan skripsi ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengendalian reklame insidental di Kabupaten Bandung yang berdasarkan latar belakang ketertarikan penulis mengenai upaya yang dilakukan oleh Seksi Pengawasan dan Pengendalian Bidang Pengendalian Pendapatan Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bandung dalam rangka penyelenggaraan reklame insidental agar mematuhi aspek normatif dan estetika.Dari temuan di lapangan masih ditemukan beberapa permasalahan yaitu masih banyaknya pelanggaran yang dilakukan penyelenggara reklame insidental, belum adanya pengawasan atau pemantauan secara terjadwal atau rutin serta penertiban belum berjalan secara optimal. Teori yang digunakan adalah teori Koonz & O’Donnel, menjelaskan langkah-langkah dasar pengendalian yaitu; Penetapan standar atau patokan; Pengukur kegiatan untuk dibandingkan dengan standar tersebut; Tindakan koreksi terhadap penyimpangan dari standar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan sebanyak 4 orang. Teknis analisis data menggunakan dariMiles dan Huberman, yaitu data reduction, data display, dan collection drawing/verification. Dan untuk menguji keabsahan penulis menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian reklame insidental yang dilakukan oleh seksi pengawasan dan pengendaliantelahmemperhatikanlangkah – langkahpengendalian, namun belum dilaksanakan secara menyeluruh. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa masih ada indikator – indikator yang belum terpenuhi. Hal tersebut dikarenakan langkah-langkah dasar berupa Penetapan standar atau patokan, Pengukur kegiatan untuk dibandingkan dengan standar tersebut, Tindakan koreksi terhadap penyimpangan dari standar belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Oleh karena itu Standar Operating Procedure harus dilakukan dalam pelaksanaannya guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kata Kunci: Pengendalian, Reklame, Insidental
No copy data
No other version available