Skripsi
Kualitas Pelayanan Publik : studi pada pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bekasi tahun 2016
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelayanan kesehatan yang diberikan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bekasi dalam pelaksanaannya masih belum maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan RSUD Kabupaten Bekasi ditinjau dati dimensi bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang akan menghasilkan format deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan studi lapangan yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik penentuan informan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelayanan kesehatan di RSUD Kabupaten Bekasi yang diukur menggunakan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu dimensi bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati, belum berjalan dengan maksimal karena masih terdapat permasalahan diantaranya terkait dengan fasilitas yang kurang memadai, kebersihan dan kenyamanan yang kurang, tenaga medis yang belum memadai, kinerja pegawai yang belum disiplin, lambatnya sistem pelayanan, dan sistem keamanan yang kurang dipercaya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelayanan kesehatan di RSUD Kabupaten Bekasi belum terlaksana dengan baik karena masih terdapat kekurangan yang dialami dalam pelayanan yang diberikan.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah.
No copy data
No other version available