Skripsi
Rasa Korea di Bandung Kota Representasi Budaya Pop Korea Selatan sebagai Identitas di Chingu Korean Fan Cafe, Bandung
Salah satu unsur yang aktif dan efektif secara sosio-kultural untuk menyebarluaskan konten dari satu kebudayaan adalah makanan, yang menjadi alasan mengapa banyak kebudayaan mulai dikenal dari satu tempat ke tempat lainnya karena adanya pendirian jasa kuliner. Dalam penelitian ini, jasa kuliner yang dimaksud adalah jasa kuliner Korea Selatan. Masuknya produk hiburan Korea Selatan di Indonesia menjadi sebuah sarana bagi masyarakat Indonesia untuk masuk dan mengenal lebih dalam seputar kebudayaan Korea Selatan, khususnya dari segi makanan dan budaya pop Korea. Penelitian ini membahas seputar representasi budaya pop Korea Selatan yang terbangun di Chingu Korean Fan Cafe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) owner dari Chingu Korean Fan Cafe adalah puncak pengetahuan seputar Korea Selatan untuk menegaskan identitas Chingu Korean Fan Cafe, 2) representasi membuat beberapa konversi yang mengakibatkan nilai tradisional tidak diterapkan dan lebih menonjolkan atribut yang mendukung representasi budaya pop Korea Selatan untuk menyesuaikan pelayanan dengan ruang dan waktu yang berlaku, 3) pengunjung dapat merasakan rasa Korea hasil representasi yang diperkenalkan, baik dari imitasi interior dari tempat terkenal di Korea Selatan, musik dan video K-Pop dan drama Korea yang diputar, dan hidangan yang ditawarkan.
Kata kunci : representasi, identitas, budaya pop Korea Selatan.
No copy data
No other version available