Skripsi
Analisis Tata Letak pada Toserba “X” Antapani, Bandung
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan penggunaan tata letak pada Toserba “X” Antapani, dengan cara menganalisis perusahaan melalui indikator-indikator dari tata letak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, studi dokumen perusahaan dan triangulasi. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari informan kunci dan informan pendukung. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penilaian terhadap tata letak di Toserba “X” Antapani berada pada kategori baik. Toserba “X” Antapani telah memaksimalkan lahan toko secara efektif melalui pemanfaatan ruang, peralatan, dan sumber daya manusia, mengatur aliran barang, informasi dan manusia, serta membentuk moral dan lingkungan kerja untuk karyawan sehingga mampu mencapai efisiensi operasional jangka panjang. Kesimpulan dari hasil analisa menunjukkan bahwa Toserba “X” Antapani sudah menjalankan strategi tata letak dengan baik, sehingga perlu untuk mempertahankan dan meningkatkan fasilitas mereka untuk mencapai keunggulan kompetitif perusahaan. Saran bagi Toserba “X” Antapani, yaitu dengan memberikan fasilitas tambahan terhadap beberapa peralatan agar mampu memaksimalkan tata letak secara efektif, dan model tata letak yang diterapkan oleh Toserba “X” Antapani sudah baik sehingga dapat menjadi rujukan untuk perusahaan supermarket lainnya. Kata kunci: Tata letak, efektif, efisiensi
No copy data
No other version available