Skripsi
Kualitas Pelayanan Pembuatan E-KTP di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang
Penelitian ini berjudul kualitas pelayanan pembuatan e-KTP di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pernyataan pengguna layanan yang menyatakan bahwa petugas masih kurang informatif dalam memberikan informasi mengenai pelayanan pembuatan e-KTP, masih terdapat 2.802 dari 58.841 warga Jatinangor yang belum memiliki e-KTP, proses perekaman dan percetakan e-KTP yang bisa memakan waktu berbulan-bulan, dan ruang tunggu yang tidak sepadan dengan jumlah pengguna jasa yang datang setiap harinya. Berdasarkan hal tersebut penulis melakukan penelitian mengenai kualitas pelayanan pembuatan e-KTP di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Landasan teori yang penulis gunakan adalah teori kualitas pelayanan dari Agus Dwiyanto yang terdiri dari sikap petugas, prosedur, waktu, fasilitas, dan biaya pelayanan. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 100 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik quota sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan Kualitas Pelayanan Pembuatan e-KTP di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang sudah berada diatas 70% yaitu 80%. Hal ini menjadikan H0 yang telah penulis tentukan ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, walaupun hasil angket menunjukkan kualitas pelayanan pembuatan eKTP di Kecamatan Jatinangor sudah terpenuhi, namun untuk dimensi waktu dan fasilitas masih belum berjalan dengan baik.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Pelayanan Pembuatan e-KTP, dan Kecamatan Jatinangor.
No copy data
No other version available