Skripsi
Efektivitas PPI E-Office di Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menerapkan tata naskah dinas elektronik yang berbeda dengan Direktorat Jenderal lainnya serta Kementerian Komunikasi dan Informatika itu sendiri yang dianggap lebih baik dibandingkan dengan tata naskah dinas elektronik yang lain. Akan tetapi dua dari empat tujuan PPI e-office sampai saat ini belum tercapai. Teori yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini yaitu teori faktor kesuksesan e-government dari Gil-Garcia dan Theresa, yang mengatakan bahwa terdapat lima faktor sekaligus sebagai tantangan untuk keberhasilan e-government, yaitu (1) Data dan Informasi, (2) Teknologi Informasi, (3) Manajerial dan Organisasi, (4) Legalitas dan Peraturan, (5) Institusi dan Lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi literatur, dan sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. PPI e-office di Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah diterapkan namun belum berjalan dengan efektif. Hal ini disebabkan masih ada beberapa faktor keberhasilan egovernment yang dikemukakan oleh Gil-Garcia dan Theresa yang belum terpenuhi. Pada faktor Teknologi Informasi, aplikasi PPI e-office belum sepenuhnya dikembangkan, pengelola PPI e-office tidak diberikan pelatihan khusus dan hanya perwakilan pegawai saja yang mengikuti sosialisasi penggunaan PPI e-office. Pada Manajerial dan Organisasi, sikap pemimpin baru sampai mengingatkan pegawai dan tidak adanya SOP pengelolaan pada perencanaan. Terakhir, pada Legalitas dan Peraturan Kementerian Komunikasi dan Informatika tidak memiliki Petunjuk Pelaksanaan Tata Naskah Dinas Elektronik. Untuk itu harus ada beberapa hal yang pelu diperbaiki agar tujuan PPI e-office dapat tercapai.
Kata kunci : Efektivitas, e-office, faktor keberhasilan e-government.
No copy data
No other version available