Skripsi
Pemetaan Budaya Organisasi Pada PT. Telekomunikasi Indonesia TBK Kantor Japati Bandung
Penelitian ini dilakukan untuk memetakan budaya organisasi pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Kantor Japati Bandung. PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan komposisi saham 52,56% dimiliki pemerintah Indonesia dan 47,44% dimiliki oleh publik, dengan saham perseroan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia dan NYSE. PT. Telkom Indonesia Tbk sudah beberapa kali melakukan transformasi budaya dimulai sejak tahun 1992 hingga sekarang, namun belum ada penelitian yangm menjelaskan mengenai profil budaya PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk dengan metode ilmiah, khususnya dengan menggunakan OCAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemetaan budaya yang akan dihasilkan dalam bentuk profil budaya organisasi pada PT. Telkom Indonesia Tbk Kantor Japati Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner Organizational Culture Assessment Instrument (OCAI) untuk melihat bagaimana profil budaya organisasi yang diisi langsung oleh 56 responden yang berasal dari jenjang jabatan manajemen puncak, manajemen menengah, dan staf. Penelitian ini juga didukung dengan hasil observasi dan wawancara langsung di lapangan dengan pegawai PT. Telekomunikasi Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil budaya organisasi saat ini pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk adalah budaya market, artinya perusahaan berfokus pada aktivitas yang kompetitif untuk mencapai berbagai sasaran yang sudah ditargetkan. Berdasarkan hal tersebut, maka keberhasilan perusahaan akan dilihat dari pangsa pasar, penguasaan, dan profitabilitas. Namun, masih ada perbedaan persepsi antara manajemen puncak dengan manajemen menengah dan staf mengenai profil budaya saat ini. Sedangkan untuk profil budaya organisasi yang diharapkan di masa mendatang pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk adalah budaya klan, artinya diharapkan perusahaan menjadi sebuah organisasi yang menekankan pada keakraban dan saling berbagi dimana nilai yang ditekankan adalah kerjasama tim dan pengoptimalisasian sumber daya manusia melalui proses pemberdayaan, pengembangan, dan keterbukaan organisasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada perusahaan sebaiknya sosialisasi dan penerapan budaya organisasi saat ini dari manajemen puncak ke bawah lebih ditingkatkan dan dikembangkan lagi. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan pemahaman yang seragam antara manajemen puncak dengan manajemen menengah dan staf. Karena berdasarkan hasil penelitian diindikasikan bahwa masih ada kesenjangan pemahaman antar jenjang jabatan. Kata Kunci: PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Pemetaan Budaya Organisasi, OCAI
No copy data
No other version available