Skripsi
Motivasi Belajar pada Siswa Kelas Tujuh di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Cianjur
SkripsiiniberjudulMotivasiBelajarPada Siswa Kelas Tujuh Sekolah Menengah Pertama 3 Cianjur.Skripsiinibertujuan untuk menjelaskan bagaimana motivasibelajarsiswa pada kelas terpisah antarasiswaperempuan dengan siswalaki-laki.Awalmasaremaja merupakan awalseseorang mengalamiperubahan emosi,apalagi seseorangsudahmulaimenjagacitramerekaterhadaplawanjenis.SMP Negeri3Cianjuryangmenerapkankelasterpisahbagisiswaperempuan dengansiswalaki-lakiberpengaruhterhadapmotivasibelajarsiswa. Dengandiadakannyapemisahankelasbagilaki-lakidanperempuan, pembelajarandirasaakanlebihefektifkarenatidakakanadasiswayang menjagacitrakarenatidakadalawan jenisyang menarikperhatian mereka. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakanpenelitiangabunganantarakualitatifdengankuantitatif. Unitanalisisdalam penelitian inimeliputisiswalaki-lakidan siswa perempuandariduakelasberbedadenganenam siswasebagaikasus yangakanlebihditelitilebihlanjut. SMPNegeri3Cianjursemakintahunsemakinbanyakdiminatioleh siswabaru,saranadanprasaranalebihditingkatkanlagisehinggamuridmuridmerasanyamandandapatbelajardenganefektif.Motivasibelajar siswaterjadikarenaduafaktoryaitumotivasiyangberasaldaripengaruh dirisendiridanmotivasiyangberasaldaripengaruhluar.Motivasiyang berasaldaripengaruhdirisendiriterbentukdariadanyadoronganyang kuatdaridalam dirinyauntukmenjadiyangterbaik.Sedangkanmotivasi yangberasaldaripengaruhluarsepertipengaruhorangtua,pengaruh kinerjagurudanpengaruhdarikelasterpisah. Berdasarkan hasilpenelitian,tingginya motivasibelajarsiswa menyebabkan tinggiprestasinya.Sedangkan motivasibelajaryang rendahmenyebabkanrendahnyaprestasiyangdicapai.Prosesbelajar mengajaryangterjadipadakeduakelasmemperlihatkansiswayangaktif mengikutikegiatanbelajarmengajarmaupunsiswayangkurangaktif. Siswayanglebihaktifmengikutikegiatanbelajarmengajarcenderung mendapatkanprestasiyanglebihtinggidibandingkandengansiswayang kurangaktif. Dengan pemisahan kelas yang terjadi,siswa laki-lakikurang merasanyamandibandingkandengansiswaperempuan.SehinggaPada siswaperempuanmotivasibelajarnyasemakinmeningkatsedangkan padalaki-lakimotivasibelajarnyamenurun.Namunhasilbelajaryang diperolehsiswalaki-lakitidakjauhberbedadenganhasilbelajarsiswa perempuansehinggapemisahankelassajabukansatu-satunyafaktor yangmenentukanmotivasibelajarsiswa.Perhatianorangtuaternyata berpengaruhterhadapmotivasibelajarsiswameskipuntidakdilakukandi sekolah.Siswayanglebihmendapatkanperhatiandariorangtuanya cenderungmemperolehprestasiyanglebihtinggidibandingkandengan siswayangkurangmendapatperhatiandariorangtuanya. ii KataKunci:Pendidikan,motivasi
No copy data
No other version available