Skripsi
Perilaku Belajar Siswa Berprestasi Akademik (Studi Kasus Siswa Berprestasi DARI Keluarga Ekonomi Bawah)
Belajar sebagai salah satu faktor seorang siswa meraih kesuksesan dan prestasi akademik tidak terlepas dari kepemilikan buku – buku dan sarana belajar yang lain. Siswa yang berasal dari keluarga dengan status ekonomi atas mendapatkan buku – buku dan sarana belajar dengan mudah, namun berbeda dengan siswa yang berasal dari keluarga dengan status ekonomi bawah. Penelitian ini berjudul “Perilaku Belajar Siswa Berprestasi Akademik” dilaksanakan di SMAN 24 Bandung, salah satu SMA yang menerima siswa dari keluarga dengan status ekonomi bawah di Kota Bandung, Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku belajar siswa SMA yang berasal dari keluarga dengan status ekonomi bawah agar dapat meraih prestasi dengan adanya keterbatasan ekonomi yang dimiliki. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif (narrative research). Dengan menggunakan pendekatan tersebut hasil penelitian ini berupa cerita yang diceritakan kembali oleh peneliti tentang kegiatan belajar sehari – hari informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi ekonomi keluarga menjadi faktor lingkungan dari luar untuk siswa tersebut meraih prestasi. Siswa berprestasi yang berasal dari keluarga dengan status ekonomi bawah memiliki keinginan kuat untuk meningkatkan derajat keluarga yang berasal dari diri sendiri. Faktor lingkungan dan keinginan dari diri sendiri itulah yang menyebabkan respon positif dan berperilaku disiplin atas belajar di kehidupan sehari – hari. Kata kunci : Perilaku Belajar, Siswa Berprestasi, Disiplin
No copy data
No other version available