Skripsi
Pelaksanaan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter di TK Karakter Depok (Sebagai Usaha Preventif Terjadinya Masalah pada Anak)
Penelitian ini berjudul “Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di TK Karakter Depok (Sebagai Usaha Preventif terjadinya Masalah Pada Anak). Penelitian ini mendeskripsikan masalah yang terjadi pada anak prasekolah pada aspek fisik, sosio-emosinal, dan psikososial, untuk itu dibutuhkan satu model pendidikan yang dapat mencegah permasalahan tersebut, sehingga tercipta suatu model pendidikan untuk mencegah permasalahan ini yaitu pendidikan holistik berbasis karakter. Pendidikan Holistik berbasis karakter yang dilakukan oleh TK Karakter Depok ini mengambil bagaimana pelaksanaan PHBK ini terhadap siswa berdasarkan seluruh aspek potensinya (physical, emotional, socio-cultural, creativity, spiritual, dan academic). Dan TK Karakter itu sendiri sebagai subjek penelitiannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan studi kasus sebagai teknik penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi non partisipasi, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari kepala sekolah, staf divisi pelatihan dan SBB, orang tua, dan 2 orang guru. Berdasarkan hasil penelitian teridentifikasi bahwa pelaksanaan pendidikan holistik berbasis karakter lebih kepada pembentukan pola-pola pembiasaan perilaku yang diharapkan melalui pengajaran langsung ataupun modeling (dengan contoh) serta tidak memaksa sehingga konsep pilar karakter dapat tertanam dengan sendirinya terhadap siswa. Kesimpulan yang didapat melalui serangkaian proses penelitian adalah pelaksanaan pendidikan Holistik Berbasis Karakter yang dilakukan oleh TK Karakter dapat dikatakan baik dan menyeluruh. Setiap aspek kecerdasan siswa diperhatikan dan dikembangkan dengan konsisten melalui metode-metode yang lebih konkrit dan lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. sehingga tujuan pembelajaran dapat tersampaikan dan dipahami oleh siswa dengan baik. Kemudian peneliti juga memberikan saran sesusai dengan potensi yang dimilki oleh TK Karakter. Peneliti memberikan saran berupa upaya perencanaan untuk meningkatkan pencapaian pembentukan karakter khususnya karakter kejujuran terhadap siswa melalui sebuah program yang bernama “Kantin Kejujuran”. Kata Kunci : Masalah anak prasekolah, model pendidikan holistik berbasis karakter (PHBK), TK Karakter
No copy data
No other version available