Skripsi
Pelayanan Play Therapy Bagi Pasien Anak Penderita Kanker Oleh Pekerja sosial Medis
Penelitian ini berjudul “Pelayanan Play Therapy bagi Pasien Anak Penderita Kanker oleh Pekerja Sosial Medis (Studi Kasus dalam Penanganan Pasien Anak Penderita Kanker di Instalasi Rehabilitasi Medik RS Kanker Dharmais).” Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses pelayanan Play Therapy yang diberikan oleh Pekerja Sosial Medis terhadap pasien anak penderita kanker. Adapun pelayanan tersebut diberikan untuk meminimalisir kecemasan dan ketegangan yang dirasakan pasien anak penderita kanker selama menjalani perawatan di rumah sakit. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sedangkan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pedoman wawancara serta pedoman observasi dengan teknik wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Informan dalam penelitian ini melibatkan 2 (dua) orang dari pihak pemberi pelayanan dan 6 (enam) orang dari pihak penerima pelayanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan Play Therapy di Instalasi Rehabilitasi Medik RS Kanker Dharmais diberikan oleh sebuah tim yang bernama TIM IRM RSKD, dengan Pekerja Sosial Medis sebagai ketua tim. Pelayanan yang diberikan diawali dengan proses assessment, proses perencanaan media dan jenis permainan, proses pelaksanaan (Filial Play Therapy yang melibatkan keikutsertaan orangtua dalam terapi bermain dan Child Centered Play Therapy yang memusatkan terapi pada diri anak). Serta proses yang terakhir merupakan proses terminasi dan rujukan.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulakan bahwa pelayanan yang diberkan kepada pasien anak penderita kanker harus dilakukan sesuai dengan kondisi anak, agar anak mampu untuk meminimalisir dan melanjutkan tindakan perawatan medik. Dari keseluruhan proses pelayanan terdapat kendala pada saat pelaksanaan Filial Play Therapy, dimana ketidakhadiran orangtua dapat menghambat pemberian layanan terapi bermain, karena kontribusi orangtua sangat dibutuhkan untuk terapi ini sebagai agen terapeutik dalam kehidupan anak-anak.
No copy data
No other version available