Skripsi
Pelaksanaan Pemberdayaan Anak Jalanan di Rumah Singgah Uswatun Hasanah Jakarta Barat
Penelitian ini berjudul “Pelaksanaan Pemberdayaan Anak Jalanan di Rumah Singgah Uswatun Hasanah Jakarta Barat”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemberdayaan anak jalanan yang dilakukan oleh Rumah Singgah Uswatun Hasanah, dengan melihat pendekatan pemberdayaan yang dilakukan, yaitu; pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan dan pemeliharaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi non partisipatif, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Informan pada penelitian ini berjumlah 7 orang, yang terdiri dari: 1 orang Ketua Yayasan, 1 orang petugas Rumah Singgah, 1 orang Sakti Peksos, 3 orang anak binaan dan 1 orang anak binaan. Hasil penelitian ditemukan bahwa pelaksanaan pemberdayaan anak jalanan di Rumah Singgah Uswatun Hasanah telah sesuai dengan pendekatan pemberdayaan. Rumah Singgah Uswatun Hasanah telah memberikan pelayanan sosial melalui pemberdayaan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dan memenuhi kebutuhan dasar anak binaannya. Namun, pada pelaksaannnya masih ditemui beberapa kekurangan pada petugas rumah singgah dan diperlukan peningkatan kemampuan pendampingan dan konseling. Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis merekomendasikan sebuah plan of treatment berupa kegiatan pelatihan “Peningkatan Kemampuan dalam Pendampingan dan Konseling” tujuannya adalah untuk meningkatkan pemberian pelayanan sosial dalam pemberdayaan anak jalanan. Kata kunci: Pemberdayaan, anak jalan, rumah singgah, uswatun hasanah
No copy data
No other version available