Skripsi
Pemberdayaan Masyarakat pada Kelompok Perajin Emping Melindo Oleh PT Telekomunikas Tbk di desa Narimbang Kec Conggeang Kab Sumedang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang proses pemberdayaan
masyarakat perajin Emping Melinjo oleh PT. Telekomunikasi, tbk di Desa
Narimbang Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang. Adapun proses tersebut
dapat dilihat dengan menggunakan pendekatan 5P: Pemungkinan (Enabling),
Penguatan (Empowering), Perlindungan (Protecting), Penyokongan (Supporting)
dan Pemeliharaan (Fostering). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif
melalui metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara mendalam, observasi non partisipatif, dan studi dokumentasi. Informan
penelitian ini berjumlah 7 orang yang terdiri 4 orang pengurus dan anggota
kelompok Citra Sari (Ketua, Sekretaris, Bendahara dan anggota) kemudian
ditambah 3 orang dari pihak pemberdaya (Asisten Manajer CDC Telkom serta staf
CDC PT. Telekomunikasi, tbk DIVRE III Jawa Barat).
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa 5 pendekatan pemberdayaan
dilaksanakan dalam program kemitraan PT. Telekomunikasi, tbk. Pendekatan
pemungkinan menciptakan suasana yang mendorong inisiatif, kerjasama, dan
berkaya pada mitra binaan. Pendekatan penguatan meningkatkan kapasitas
pengetahuan, pengalaman dan keterampilan serta kepercayaan diri mitra binaan.
Pendekatan perlindungan melindungi mitra binaan dari diskriminasi dan dominasi
pasar. Pendekatan penyokongan membimbing dan mendukung mitra binaan
mencapai tujuan dari kegiatan pemberdayaan. Pendekatan pemeliharaan menjaga
suasana yang tercipta sehingga mitra binaan dapat mandiri dan tidak kembali
melemah. Namun, masih terdapat kendala pada proses tersebut yaitu pada pelatihan
IT dan modul kemitraan Telkom belum dapat digunakan secara maksimal oleh
mitra binaan untuk meningkatkan usaha mereka.
Maka berdasarkan kendala yang ditemukan pada hasil penelitian peneliti
merekomendasikan sebuah saran untuk pengembangan pelaksanaan pembinaan
dalam program kemitraan PT. Telkom yaitu plan of treatment berupa program
kegiatan: “Meet and Greet Program”. Berupa pertemuan antara para usaha kecil
yang sedang diberdayakan dengan yang telah mandiri dalam kegiatan Focus Group
Discussion.
Kata Kunci: Proses Pemberdayaan Masyarakat, PT. Telekomunikasi, tbk.
Kelompok Citra Sari dan Meet and Greet Program.
No copy data
No other version available