Skripsi
Kinerja Pemerintah dalam Pelayanan Publik : studi pada pelayanan pembuatan kartu keluarga di Kelurahan Pananjung Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut tahun 2015
Penelitian ini berjudul “Kinerja Pemerintah Dalam Pelayanan Publik (Studi Pada Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga di Kelurahan Pananjung Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu fakta yang menunjukan bahwa Kinerja Pemerintah yang diberikan oleh suatu birokrasi pemerintahan belum dilaksanakan secara optimal. Unit analisis dalam penelitian ini adalah masyarakat pemohon Kartu Kelurarga di Kelurahan Pananjung Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut. Untuk menentukan informan tersebut peneliti menggunakan tehnik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wwancara dan dokumentasi. Pengujian hasil penelitian menggunakan data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, variabel kinerja pemerintah dalam pelayanan public bisa dilihat dari dimensinya: quality of work (kualitas kerja), promptness (ketepatan waktu), initiative (inisiatif), reabillity (kemampuan), dan communication (komunikasi). Simpulan penelitian ini peneliti mengambil garis besar bahwa kinerja pemerintah dalam pelayanan pembuatan artu keluarga kurang baik yang terlihat dari masyarakat masih menggunakan orang terdekat untuk kelancaran proses pembuatan kartu keluarga, maka dari itu peneliti menyarankan perlu adanya peningkatan kinerja pemerintah di Kelurahan Pananjung.
Kata Kunci: Kinerja Pemerintah, Pembuatan Kartu Keluarga
No copy data
No other version available