Skripsi
Kualitas Pelayanan Publik dalam Bidang administrasi Kependudukan
Penelitian ini berjudul “Kualitas Pelayanan Publik dalam Bidang Administrasi Kependudukan (Studi tentang Pembuatan Kartu Keluarga di Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka). Penelitian ini dilatorbelakangi oleh adanya suatu fakta yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh suatu birokrasi pemerintahan belum dilaksanakan secara optimal.
Unit analisis dalam penelitian ini adalah masyarakat pemohon Kartu Keluarga di Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka. Untuk menentukan informan tersebut peneliti menggunakan teknik snowball sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan Dokumentasi. Pengujian hasil penelitian menggunakan data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, variabel kualitas pelayanan publik dalam bidang pembuatan Kartu Keluarga bisa dilihat dari dimensinya: Tangible (Bukti langsung), Reability (Kehandalan), Emphaty (Empati), Assurance (Jaminan) dan, responsives (Daya Tanggap).
Simpulan penelitian ini penulis mengambil garis besar bahwa kualitas pelayanan publik dalam pembuatan Kartu keluarga kurang baik yang terlihat dari masyarakat yang masih menggunakan orang terdekat untuk kelancaran proses pembuatan kartu keluarga, maka dari itu penulis menyarankan perlu adanya peningkatan kualitas birokrasi di Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka
Kata Kunci
No copy data
No other version available