Skripsi
Destination Branding Brasil Sebagai Gay-Friedly Country Melalui Pariwisata Lesbian,Gay,Bisexual,Transgender (LGBT)
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana destination branding Brasil dalam menarik kaum LGBT untuk berpariwisata serta apa dan bagaimana nilai-nilai LGBT terkandung di dalam jasa, barang, dan pengalaman yang ditawarkan oleh pariwisata LGBT. Dalam menganalisis fenomena tersebut, digunakan konsep soft power, pariwisata LGBT, dan destination branding. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa upaya Brasil untuk mencapai brand gay-friendly dilakukan melalui brand strategy dari destination branding yaitu personal experience, word of mouth, national stereotype, brand export, national brand campaign, sport performance, reputasi serta digambarkan dengan brand image, brand identity dan brand positioning yang dimiliki oleh pariwisata LGBT di Brasil. Kemudian adanya nilai-nilai LGBT yaitu kebebasan berekspresi secara seksual, gender dan gaya hidup terkandung di dalam pariwisata LGBT membuat kaum LGBT mendapatkan kenyamanan dan keterbukaan sebagai wisatawan.
Kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini adalah melalui strategi-strategi destination branding tersebut Brasil terlihat sebagai negara yang ramah terhadap kaum LGBT dan mencapai branding bagi negaranya. Selain itu, branding tersebut menjadi soft power bagi Brasil dalam membentuk pandangan positif dari dunia internasional sebagai negara yang liberal, terbuka dan toleran terhadap kebebasan berekspresi dan memperoleh kesenangan bagi keberagaman preferensi seksual dan gender.
Kata Kunci: Brasil, Citra, Destination Branding, Destinasi Pariwisata, Gay-friendly, Pariwisata LGBT.
No copy data
No other version available