Skripsi
Pelayanan Kesehatan Masyarakat Berbasis Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Soreang Kabupaten Bandung
Penelitian ini bertujuan untukmengetahuifaktor-faktor yang menyebabkanbelumbaiknyapelayanankesehatanmasyarakatberbasis BPJS KesehatanSoreangKabupaten Bandung.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dan rekapitulasi skor dari 20 pernyataan yang ada dalam empat dimensi pelayanan prima. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan kuisioner,wawancara dan studi pustaka. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh masyarakat pengguna pelayanan kesehatan yang bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Soreang Kabupaten Bandung yang berjumlah 98.309. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan menggunakan perhitungan Rumus Slovin sehingga didapati jumlah sampel sebanyak 129 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelayanan kesehatan masyarakat berbasis Badan Penyelenggara JaminanSosial (BPJS) Kesehatan Soreang Kabupaten Bandung yang di ukur melalui empat dimensi pelayanan prima yaitu pelayanan yang diberikan (service delivery), tampilan pelayanan (service scapes), partisipasi pelanggan (customer participation), dan pelayanan tanggap (service responsivness) telahberjalan cukup baik. Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan pada bab pembahasan maka penulis mengajukan saran – saran sebagai berikut : BPJS Kesehatan Soreang Kabupaten Bandung perlu mempertahankan pelayanan yang diberikan yang sudah memperoleh tanggapan positif dari masyarakat, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebagai mitra dalam pelayanan kesehatan masyarakat perlu melakukan survey terhadap kondisi di lapangan, Bagi pihak faskes baik Puskesmas maupun Rumah Sakit untuk mempertahankan pelayanan, baik dari segi administrasi, pelayanan medis baik rawat jalan maupun inap, serta kelengkapan sarana dan prasarana, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebagai mitra dalam pelayanan kesehatan masyarakat perlu meninjau ulang kembali mengenai Standar Operasional Pelayanan (SOP). Kata Kunci : Pelayanan Prima, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Fasilitas Pelayanan Kesehatan Soreang Kabupaten Bandung.
No copy data
No other version available