Skripsi
INTERAKSI DAN TRANSAKSI DUNIA MAYA
Penelitian yang dilakukan ini tentang interaksi dan transaksi item pada game online DotA 2 di
Evolution Gaming Center, Jalan Raya Serang Timur, Penancongan, Cipocok, Serang. Dengan
menggunakan metode kualitatif yang ditambah dengan metode pengumpulan data melalui
wawancara dan studi kepustakaan. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana penjual melihat
peluang untuk menjadikan item DotA 2 sebagai komoditas, serta bagaimana cara penjual dan
pembeli berinteraksi lalu menghasilkan transaksi.
Berdasarkan temuan data di lapangan, bahwa interaksi menghasilkan kepercayaan dalam
bertransaksi, serta interaksi yang dilakukan tidak selalu dengan kontak sosial secara langsung,
ada beberapa yang dihubungkan dengan perantara pihak ketiga ataupun alat bantu seperti
jaringan internet dan komputer.
Pada tahap analisis, ternyata bentuk-bentuk interaksi yang timbul pada transaksi item DotA 2 ada
kerjasama dan persaingan, sedangkan dua bentuk interaksi lainnya yakni persaingan dan
akomodasi tidak nampak karena adanya kepercayaan antara sesama penjual dan juga antara
penjual dengan pembeli. Transaksi menggunakan sistem uang-komoditas-uang yang dilakukan
penjual terbukti memberikan keuntungan yang besar.
Kata kunci : komoditas, interaksi, kontak sosial, kepercayaan, item, transaksi
No copy data
No other version available