Skripsi
Analisis Peramalan Penjualan Pada PT. Bonli Cipta Sejahtera (Studi Pada Brand J&C Cookies)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode peramalan yang terbaik diantara metode peramalan perusahaan, metode Winter dan metode Dekomposisi berdasarkan uji akurasi peramalan pada produk Hardtop dan juga untuk mengetahui hasil peramalan penjualan produk Hardtop pada tahun 2016 dengan menggunakan metode peramalan penjualan terbaik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Objek penelitian adalah Penjualan Aktual Hardtop pada PT. Bonli Cipta Sejahtera dan sampelnya adalah data aktual penjualan hardtop pada periode 2013-2015. Metode peramalan perusahaan akan dibandingkan dengan metode Winters dan metode Dekomposisi yang kemudian akan dilakukan uji akurasi peramalan antara ketiga metode yang dilihat dari forecast error berupa MAD (Mean Absolute Deviation), MSE (Mean Squared Error), dan MAPE (Mean Absolut Percentage Error). Hasil penelitian menunjukkan metode Dekomposisi lebih baik dari metode perusahaan dan metode Winters, dilihat dari forecast error untuk metode Dekomposisi yang menghasilkan MSE, MAD dan MAPE sebesar 108485653, 6733, dan 32% untuk tahun 2014 dan 71419241, 5592, dan 48% untuk tahun 2015 Kata Kunci : Peramalan penjualan, Triple Exponential Winters, Naïve, Dekomposisi
No copy data
No other version available