Skripsi
Pengambilan keputusan dalam tindakan sosial pembelian barang secara online pada mahasiswa Fisip Unpad
Penelitian yang berjudul Pengambilan Keputusan Dalam Tindakan Sosial Pembelian Barang Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran membahas mengenai pengambilan keputusan pembelian barang secara online serta melihat bentuk tindakan sosial mahasiswa dalam pengambilan keputusan pembelian barang secara online. Penelitian bertujuan mengetahui pengambilan keputusan mahasiswa FISIP Unpad dalam tindakan sosial pembelian barang secara online. Pendekatan menggunakan kualitatif, penentuan informan menggunakan teknik snowball sampling, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengambilan keputusan pembelian barang secara online yang dilakukan mahasiswa FISIP Unpad itu dilakukan melalui empat tahap, yaitu: 1) fase intelegensi; 2) fase desain; 3) fase pilihan; dan 4) fase implementasi. Pengambilan keputusan tersebut berdasarkan atas beberapa kebutuhan, yaitu kebutuhan untuk sehari-hari, kebutuhan menunjang perkuliahan, hobi, bahkan kebutuhan yang hanya untuk menunjang penampilan semata. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa pengambilan keputusan yang dilakukan oleh mahasiswa FISIP Unpad terdapat perbedaan antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Mahasiswa laki-laki dalam pengambilan keputusan pembelian barang secara online tergolong ke dalam tindakan rasionalitas instrumental, sedangkan mahasiswa perempuan tergolong ke dalam tindakan afektif.
Kata kunci: Pengambilan Keputusan, Tindakan Sosial, Tindakan Rasionalitas Instrumental, Tindakan Afetktif
No copy data
No other version available