Skripsi
Strength Based Assessment Pada Mahasiswa Difabel di Universitas Padjadjaran Jatinangor
Penelitian ini berjudul “Strength Based Assessment pada Mahasiswa Difabel di Universitas Pdjadjaran”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan yang dimiliki oleh mahasiswa difabel Universitas Padjadjaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua bagian. Pertama, teknik pengumpulan data primer yang mencakup wawancara mendalam dan observasi non partisipasi. Kedua, teknik pengumpulan data sekunder yang mencakup studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Informan ditentukan secara purposive sampling, data diperoleh dari informan yang terdiri dari satu orang mahasiswa difabel, dua orang anggota keluarga mahasiswa difabel, lima orang teman terdekat dari mahasiswa difabel, dan satu orang dosen terdekat mahasiswa difabel. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa difabel memiliki kekuatan yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan mahasiswa difabel itu sendiri. Hal ini terlihat pada potensi kekuatan internal dan eksternal yang dimiliki telah dikembangkan dengan baik . Untuk melihat potensi kekuatan yang dimiliki ini sesuai dengan konsep dan pendekatan keilmuan kesejahteraan sosial yang termasuk kedalam social case work yang bermakna suatu metode untuk membantu individu agar individu tersebut mampu untuk membantu dirinya sendiri yang ditujukan untuk meningkatkan, memperbaik dan memperkuat keberfungsian sosialnya.
No copy data
No other version available