Skripsi
Aspek Strategi Fundraising Bagi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Studi Kasus Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Rumah Kreatif Taboo)
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan aspek strategi fundraising bagi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Rumah Kreatif Taboo meliputi aspek menentukan kebutuhan, aspek megidentifikasi sumber daya, dan aspek menilai peluang. Strategi fundraising ini sebagai salah satu upaya PKBM Taboo untuk mendapatkan sumber pendanaan dalam menjalankan aktivitas dan program kegiatannya, Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan teknik studi kasus. Teknik pengumpulan data ialah wawancara mendalam, observasi nonpartisipasi, studi kepustakaan. Teknik analisis dan pengolahan data ialah reduksi data, penyajian data (display data), dan verifikasi data. Penelitian ini melibatkan 4 orang informanyang terdiri dari penasehat PKBM Taboo dan Ketua PKBM Taboo sendiri, 1 orang peserta program Kejar Paket, 1 orang peserta program Perpustakaan. Penentuan informan dilakukan berdasarkan tujuan penelitian untuk menggali lebih dalam mengenai aspek strategi fundraising yang dilakukan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Rumah Kreatif Taboo. Hasil dari penelitian ini adalah strategi fundraising yang dilakukan PKBM Taboo dalam aspek menentukan kebutuhan, mengidentifikasi sumber daya, dan menilai peluang. Namun, dalam aspek strategi fundraising yang dilakukan oleh Pusat Kegiatan Belajar MasyarakatRumah Kreatif Taboo ternyata masih belum maksimal dilakukan. Dengan demikian, peneliti menyarankan program Pelatihan Pelaksanaan Strategi Fundraising di PKBM Rumah Kreatif Taboo. Kata kunci: aspek strategi fundraising, PKBM Rumah Kreatif Taboo
No copy data
No other version available